Manfaat Menu 4 Sehat 5 Sempuran



Dulu waktu healthy people masih kecil, pasti pernah dengan yang namannya “4 sehat 5 sempurna”. Waktu masih anak-anak, sering sekali kita diajuran untuk makan mankanan 4 sehat 5 sempurna. Nihh bagi yang lupa artinya, arti dari “4 sehat 5 sempurna” adalah makanan yang terdiri dari 4 jenis makanan yaitu, makanan pokok, lauk–pauk, sayuran, dan buah-buahan, serta disempurnakan dengan minum susu. Dengan 4 sehat 5 sempurna ini, tubuh kita akan menjadi sehat dan bugar untuk menjalani aktivitas yang ada serta baik untuk tumbuh kembang anak.

Ini lah menu 4 sehat 5 sempurna yang dapat dijadikan menu makanan healthy people setiap hari agar badan sehat dan bugar, yaitu :


Sehat ke-1 : Makanan Pokok
Makanan pokok merupakan sumber tenaga untuk tubuh agar dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Makanan pokok harus mengandung karbohidrat yang didapat dari nasi, jaung, sagu, singkong, kentang, gandum dan umbi-umbian. Pada umumnya, masyarakat Indonesia memakan nasi sebagai makanan pokok. Nasi adalah sumber karbohidrat bagi tubuh manusia, nasi mengandung gula yang berfungsi menjadi sumber energi bagi tubuh. Jenis nasi pun bermacam-macam, ada nasi putih, nasi merah, dan nasi hitam. Tetapi selain nasi healthy people boleh memakan selain nasi sebagai asupan karbohidrat.

Sehat ke-2 : Lauk-Pauk
Lauk pauk merupakan makanan yang memiliki fungsi untuk memenuhi kabutuhan zat pembangun dalam tubuh.  Lauk pauk ini harus mengandung protein, seperti daging (ayam, sapi, kambing, ikan, dan lain-lain), telur, tahu, dan tempe. Sumber protein bisa didapat dari hewan dan tumbuhan.  Protein berfungsi untuk membentuk sistem imun dan menyeimbangkan kerja hormon.

Sehat ke-3 : Sayuran
Sayuran merupakan makanan yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur dalam tubuh. Sayur-sayuran yang baik bagi tubuh adalah sayuran yang berwarna hijau seperti, bayam, kangkung, sawi, brokolo dan lainnya. Sayuran hijau banyak mengandung klorofil (zat hijau daun) yang berfungsi sebagai antioksidan, selain itu juga mengandung sulfaaarophane dan isothiocynate yangmemiliki fungsi merangsang komponen pemecah unsur kimia penyebab kanker. Sayuran juga merupakan sumber asupan mineral, serat dan vitamin. Selain sayuran hijau healthy people juga bisa memakan jenis sayuran lain, seperti wortel, kubis, tomat, lobak dan sebagainya.


Sehat ke-4 : Buah-buahan
Sama halnya seperti sayuran, buah-buahan memilii fungsi sebagai zat pengatur dalam tubuh dan sebagai sumber serat, mineral dan vitamin. Selain itu, buah-buahan berfungsi sebagai antioksidan karena pada kulit buah mengandung pigmen warna klorofil seperti kiwi san jambu. Semakin gelap warnanya semakin besar kandungan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Buah warna hijau mengandung vitamin C, beta karoten, folat dan kalsium, yang berfungsi menurunkan kolesterol, kesehatan mata, melawan radikal bebas. Buah yang warna kuning mengandung beta karoten, kalium dan vitamin c, yang berfungsi menurunkan tekanan darah tinggi, melancarkan metabolism tubuh dan efektif melawan kanker. Buah yang berwana merah mengandung asam ellagic dan hesperidin yang berfungsi mencegah kanker dan menghambat radikal bebas. Dan buah yang berwarna ungu  mengandung magnesium yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah peradangan, dan menurunkan kadar kolesterol.

5 Sempurna : Susu
Susu ini berperan sebagai pelangkap. Fungsi susu sangat baik untuk pertumbuhan tulangdan meningkatkan energi. Selain dengan susu bisa juga diganti dengan keju, yogurt atau bahan lainnya yang mengandung kalsium, vitamin D dan B12, dan lemak. Atau dapat digantikan dengan susu yang berasal dari nabati seperti susu kedelai dan susu almond.

Untuk menjaga tubuh tetap sehat tentu harus menjaga pola makan juga. Dengan makan makanan 4 sehat 5 sempurna, kita bisa menjaga tubuh tetap fit asalkan tidak salah satunya saja yang kita makan. Semua makanan yang masuk dalam tubuh harus seimbang. Keep Health..

Title Post: Manfaat Menu 4 Sehat 5 Sempuran
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung di blog Dimas Denila, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Menu 4 Sehat 5 Sempuran"

Posting Komentar