Posisi Tidur yang Baik agar Tidur Berkualitas


Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, yaitu cara hebat 10 manfaat tidur yang cukup, Kali ini kita akan membahas tentang posisi tidur yang tepat agar tidur kita berkualitas bagi pria maupun wanita. Sebelumnya, apa sihh tidur berkualitas itu???

Tidur berkualitas dimana kita tertidur dengan nyenyak dan saat terbangun badan terasa fit dan bugar. Tetapi sebagian orang dapat mengalami tidur yang tidak nyenyak bahkan sulit untuk tidur. Agar tidur kita nyenyak, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan dihindari sebelum tidur, antara lain :
  1. Hindari makanan berat sebelum tidur. Makan makanan beran sebelum tidur akan membuat kita sulit tidur dan kualitas tidur yang kurang baik, karena makanan  berat dapat mebuat sistem pencernaan kita bekerja dengan keras.
  2. Hindari olahraga berat sebelum tidur. Olahraga berat membuat tubuh merasa segar dan butuh waktu lama untuk menenangkan diri sehingga tubuh akan merasa sulit tertidur dan mengurangi kualitas tidur.
  3. Hindari minum kopi atau rokok sebelum tidur. Kopi mengandung kafein yang membuat kita melek semalaman dan sulit tidur. Efek nikotin pada rokok pun sama seperti kopi. Hal ini dapat membuat kualitas tidur menurun.
  4. Membatasi tidur siang. Tidur siang tidak dipungkiri membuat sebagaian orang sulit tidur dimalam harinya, maka dari itu batasi tidur siang dengan tidur tidak lebih dari satu jam saja.
  5. Membuat jadwal tidur yang tetap, agar tubuh kita secara reflek mengikuti ritme tidur yang telah kita jadwalkan, karena akan membatu otak menciptakan body alarm.

Selain hal-hal yang dilakukan diatas, posisi tidur juga menentukan apakah tidur kita berkualitas atau tidak. Berikut posisi tidur yang baik agar tidur berkualitas, adalah :

1. Tidur Miring
Tidur dengan posisi miring ke kiri akan membebani jantung dengan berat badan sedangkan pada saat yang sama, jantung masih harus memompa darah. Hal ini mengakibatkan kelelahan jantung yang dapat berakibat fatal dalam jangka panjang. Posisi tidur miring yang yang baik adalah dengan miring ke kanan dan cara tidur bayi atau anak kecil, yaitu dengan punggung melengkung dan kaki sedikit menekuk ke arah dada. Posisi ini mengurangi tekanan pada tulang punggung, memudahkan pernafasan, dan membebaskan organ-organ tubuh.

2. Tidur Terlentang
Tidur dengan posisi terlentang memudahkan kepala, leher dan tulang belakang untuk mempertahankan posisi netral. Posisi ini bisa mencegah sakit leher dan punggung, meminimalkan keriput dan menjaga bentuk payudara wanita tetap baik. Sayangnya posisi terlentang tidak cocok untuk mereka yang mempunyai kebiasaan mendengkur. Rahang dan tenggorokan juga di bawah pengaruh gravitasi yang menyebabkan tenggorokan menyempit sehingga menghasilkan turbulensi udara yang menyebabkan getaran dan dengkuran.

3. Tidur Tengkurap
Tetapi posisi tengkurap baik hanya untuk mereka yang mendengkur karena saluran udara atas menjadi lebih terbuka. Jika tidak memiliki riwayat sakit punggung, leher dan suka mendengkur, posisi tidur tengkurap merupakan pilihan tepat.

Itulah posisi tidur yang dapat membuat tidur kita berkualitas. Posisi yang paling dianjurkan yaitu, berbaring ke arah kanan agar posisi jantung tidak tertindih oleh badan dan lebih leluasa dan meletakan tangan di pipi agar tidur semakin nyenyak.

Biasakan tidur dengan posisi yang baik agar tidur kita berkualitas dan kurangi aktivitas yang berat sebelum tidur agar tidak mengalami sulit tidur karena tidur adalah bagian penting dari kegiatan di kehidupan kita. So, keep health...

Title Post: Posisi Tidur yang Baik agar Tidur Berkualitas
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung di blog Dimas Denila, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts:

0 Response to "Posisi Tidur yang Baik agar Tidur Berkualitas"

Posting Komentar