Cemilan-cemilan Sehat yang Dapat Dimakan oleh Ibu Hamil


Masa-masa kehamilan adalah masa yang rentan sekali, banyak pantangan-pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil maupun bagi sang suami. Apalagi di masa kehamilan pertama, sang ibu dan ibu mertua banyak sekali melarang ini itu, khususnya soal pola makan. Makanan yang harus dimakan oleh ibu hamil harus bernutrisi bagi sang ibu dan juga si baby.

Kebanyakan wanita memang suka sekali dengan mengemil. Di sela kerja atau santai, ada saja makanan untuk ngemil. Namun bagaimana dengan wanita yang sedang hamil?? Apakah boleh wanita hamil ngemil sesuatu?? Nah di sini, kita akan bahas tentang cemilan apa saja yang dibolehkan untuk ibu hamil agar si ibu dan bayinya tetap sehat dan lahir dengan sehat juga.


Namanya juga ibu hamil, yang diberi makan yaa bukan satu perut saja, melainkan ada si bayi yang juga harus diberi asupan yang bergizi. Maka dari itu, si ibu harus memilih-milih makanan yang tepat agar tidak membahayakan si baby. Berikut daftar cemilan sehat untukibu hamil yang dapat dijadikan refrensi untuk dicoba, yaitu :

1. Yogurt.
Yogurt dapat dijadikan cemilan bagi ibu hamil, karena diketahui banyak mengandung probiotik. Probiotik tidak hanya baik untuk tumbuh kembang bayi, tetapi juga bisa membantu si ibu untuk mempunyai sistem pencernaan yang lebih baik. Yogurt juga dapat dipadukan dengan buah, yang mana bahan keduanya di-mix atau di-blender menjadi smootie.

2. Salad buah atau sayur.
Buah dan sayur mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral, cemilan ini juga kaya akan serat. Sayur dan buah-buahan yang tentu harus dipilih yang sesuai dengan ibu hamil. Sebaiknya cemilan salad ini dibuat sendiri karena akan terhindar dari bahan-bahan kimia, walaupun harus membelinya tentu harus mengetahui benar-benar cara pengolahan. Pengolahannya harus bersih dan terjaga. Salad juga dapat dipadukan dengan roti gandum yang nantinya akan menjadi sandwich, dapat ditambahkan keju ataupun daging ayam.

3. Ubi manis.
Ubi banyak mengandung betakaroten yang berguna sebagai pembentukan vitamin A di salam tubuh. Vitamin A berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah janin lahir premature. Dengan mengkonsumsi ubi manis ini, pertumbuhan janin akan semakin sehat dan sang ibu terhindar dari mual. Ubi manis ini dapat dimakan sebagai kripik ubi yang dapat dibuat sendiri dengan menambahkan kayu manis secukupnya.

4. Telur rebus.
Telur mengandung banyak protein. Cemilan ini baik untuk otak janin dan pengembangan sistem saraf. Ibu hamil juga akan mudah dalam membuatnya, cukup merebus terlur hingga matang dan bisa dibawa kemana-mana.

5. Kurma.
Kurma dapat memulihkan energi yang terkuras selama ibu hamil melakukan aktivitas. Kurma sangat cocok untuk cemilan ibu hamil disaat waktu senggang.

6. Sereal
Semua sereal dilengkapi dengan kandungan vitamin dan mineral sehingga cemilan ini sangat nutrisi. Sereal yang baik yaitu sereal yang tinggi akan seratnya dan dibuat dengan biji-bijian. Sereal juga dapat memberikan asupan kalsium yang dibutuhkan oleh bayi dan sang ibu hamil.

7. Bubur kacang ijo.
Bubur kacang ijo mengandung protein dan juga karbohidrat. Maka cemililan ini cocok sekali untuk ibu hamil yang sedang mengganjal perut selagi lapar-laparnya.

Nah itu daftar cemilan yang dapat dijadikan referensi bagi ibu hamil yang ingin ngemil. Walau wanita memang suka ngemil tapi jangan lupa juga untuk makan makanan berat agar nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga semakin banyak apalagi bagi ibu hamil. Ibu hamil harus bisa mengontrol supan yang masuk ke dalam tubuhnya agar sang ibu dan bayi tetep sehat. So, Keep Health…


Title Post: Cemilan-cemilan Sehat yang Dapat Dimakan oleh Ibu Hamil
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung di blog Dimas Denila, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts:

0 Response to "Cemilan-cemilan Sehat yang Dapat Dimakan oleh Ibu Hamil"

Posting Komentar