Alasan Bahaya Minum Teh yang Berlebihan Bagi Kesehatan Tubuh


Bagi kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman yang bernama teh, minuman ini sudah memilihi tempat di hati kita, yang bisa dibilang minuman favorit masyarakat Indonesia. Dari pria, wanita dan juga anak-anak menyukai teh bahkan dari warung kaki lima hingga restoran terkenal menyajikan minuman teh. Teh bisa diminum dingin atau hangat.

Teh berasal dari daun camelia sinensis, yang dibuat dengan cara meyeduh daun, pucuk daun atau tangkai daun. Teh merupakan sumber alami kafein, teofilin dan antioksidan dengan kadar lemak, karbohidrat atau protein mendekati nol persen. Hasil olahan daun teh secara umum dapat digolongkan menjadi tiga jenis yaitu teh hijau, teh hitam dan teh oolong. Ketiga jenis teh ini berbeda dalam cara pengolahannya terutama pada tahap pemanasan daun teh sebelum pengeringan.


Namun dibalik manfaat teh, ada bahaya minum teh jika dikonsumsi secara berlebihan bagi kesehatan tubuh kita sehingga manfaat yang diperoleh menjadi tidak sebanding dengan risikonya. Alasan bahaya minum teh bagi kesehetan tubuh, antara lain :

1. Buruk untuk tulang dan membuat gigi lebih rapuh.
Mengkonsumsi teh secara berlebihanan menyebabkan kadar fluoride dalam darah menjadi tinggi sehingga mengalami gejala tulang terlalu padat dan gigi rapuh yang sehingga penderitanya mengalami nyeri kronik. Kadar fluoride dalam tubuh normal sekitar 0,10 mg per liter.

2. Gagal ginjal
Teh mengandung oksalat. Teh hitam meupakan teh yang kaya akan oksalat. Oksalat merupakan suatu senyawa yang dapat menyebabkan masalah ginjal jika dikunsumsi dalam jumlah tinggi. Academy of Natrition and Dietetics di Amerika hanya merekomendasikan konsumsi oksalat 40-50 mg per hari.

3. Bahaya bagi ibu hamil
Kandungan tanin dalam teh hijau ataupun teh hitam dapat menurunkan kemampuan penyerapan asam folat, vitamin penting yang membantu menurunkan risiko cacat lahir.

4. Mengganggu penyerapan zat besi
Teh diketahui juga mengganggu penyerapan zat besi sehingga para pakar menyarankan untuk tidak mengonsumsi teh langsung setelah makan. Zat besi dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Jika kondisi ini terus berlangsung maka tidak menutup kemungkinan akan mengalami anemia

Teh memang memiliki manfaat yang begitu banyak, minum teh sesekali tidak akan menjadi masalah, yang menjadi masalah yaitu saat kita mengkonsumsinya berlebihan. Yang perlu diperhatikan ketika minum teh, yaitu :
1. Tidak diajurkan minum teh lebih dari 5 cangkir dalam sehari.
2. Pastikan minum teh dengan suhu yang tidak terlalu panas.
3. Hindari minum teh setelah makan, setidaknya tunggu 2 jam setelah makan.
4. Saat menyeduh teh celup tidak membiarkan kantung teh dicelup sampai 5 menit, karena penyeduan kertas chlorine pada teh celup dengan air panas akan membuat senyawa pada kertas ikut larut di dalam air teh yang diseduh. Kandungan chlorine yang terlalu banyak akan menstimulus pertumbuhan sel kanker pada tubuh. 
Itulah bahaya dari mengkonsumsi teh yang berlebihan. Sesuatu yang berlebihan memang dapat menimbulkan bahaya, walau memiliki manfaat yang berlimpah. So, tetap jaga kesehatan dengan semestinya dan sesuai porsinya. Keep health..

Baca juga: Panduan diet sehat dengan air putih

Title Post: Alasan Bahaya Minum Teh yang Berlebihan Bagi Kesehatan Tubuh
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung di blog Dimas Denila, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts:

0 Response to "Alasan Bahaya Minum Teh yang Berlebihan Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar