Kebiasaan Melamun Itu Berbahaya atau Memberikan Manfaat ?


Disaat bosan, pekerjaan menumpuk, hangout atau kegiatan apapun, seringkali kita melamun. Melamun dengan memikirkan sesuatu atau melamun tanpa memikirkan apa-apa. Umumnya, orang melamun baik pria maupun wanita, terjadi karena sedang memikirkan sesuatu. Tak jarang, ada yang melamun tetapi tidak ada yang dipikirkan atau bisa dibilang pikiran kosong. Konon katanya orang yang pikirannya sedang kosong akan mudah sekali dimasuki raganya oleh makhluk-makhluk astral.

Melamun adalah bentuk imajinasi, fantasi atau pikiran yang terjadi pada seseorang saat terjaga. Seseorang akan membentuk gambaran mengenai situasi, peristiwa, atau orang yang pernah ditemui dan belum ditemuinya.

Ada beberapa bahaya dan manfaat dari kegiatan melamun. Berikut bahaya dari keseringan melamun, antara lain :

      1. Pikiran tidak terbuka
Karena orang yang melamun akan terasa hidup di dua masa, masa sekarang dan masa lalu atau masa depan. Orang yang sering memikirkan masa lalunya akan sulit untuk memandang masa depan karena hal-hal yang dipikirkannya berada di belakangnya bukan di depannya, sama halnya dengan orang yang memikirkan masa depan (berkhayal). Masa depan memang harus dipikirkan tetapi tidak diajurkan untuk berkhayal baik-baiknya saja sehingga kita akan tenggelam dalam angan tanpa adanya usaha. Sebaiknya masa depan dipikirkan dengan usaha yang matang dan tentunya doa.

     2. Malas.
Kebiasaan sering melamun bisa membuat kita malas karena kita hanya terjebak dengan angan-angan pikiran kita, yang membuat pekerjaan atau tugas-tugas terlantar.

     3. Pikiran Picik
Apabila hal yang dilamunkan berbau kotor atau kejahatan. Tentunya akan membuat mindset mengikuti alur lamunan. Apabila hal yang dilamunkan direalisasikan oleh si pelamunnya tentu dapat merugikan orang lain juga.

     4. Tidak konsentrasi
Melamun tentu harus tahu waktu dan tempat. Bahayanya, jika orang tersebut melamun sedang berkendara akan membuat konsentrasi saat berkendara pecah begitu saja yang dapat berakibat pada kecelakaan.

     5. Membuat stress
Melamun berlebihan dapat membuat jalan dipikiran kita semakin rumit. Segala masalah dipikirkan untuk mencari solusinya tanpa adanya realisai yang dilakukan. Sebaiknya tidak hanya melamun tetapi juga ditunjukan dengan adanya realisasi dari lamunan kita, tentunya ke arah yang positif.

Merupakan kondisi melamun berlebihan hingga menggantikan interaksi manusia disekitarnya. Lebih lanjutnya dapat berhubungan kondisi mental, karena orang yang terkena MD akan melampiaskan semuanya temasuk konflik kepada lamunannya.


Itulah dampak negatif dari keseringan melamun. Disamping dari dampak negatif tersebut tentu ada dampak positifnya, berikut dampak positif dari melamun, yaitu :

     1. Kreatif
Menurut penelitian yang bergerak dibidang kesehatan otak yang dilakukan oleh Levinson Daniel, melamun atau working memory dapat membuat kreatif, karena saat melamun akan menimbulakn ide-ide baru yang kreatif

    2. Daya ingat tajam
Orang yang sering melamun akan mengingat sesuatu yang telah terjadi secara detail, ini yang membuat melamun dapat membuat daya ingat menjadi tajam.

Dari paparan diatas lebih banyak negatif dari pada positifnya, bukan?? Namun bukan berarti melamun adalah kegiatan yang buruk, tapi tentunya tidak boleh keseringan atau dijadikan hobi. Kita memiliki kehidupan yang harus dijalani saat ini juga, janganlah hidup dalam angan belaka, wujudkan angan kita ke dalam dunia nyata. baca: 10 MANFAAT TIDUR YANG CUKUP, TIDAK KEKURANGAN DAN TIDAK BERLEBIHAN

Ada sekidit tips untuk yang sering melamun nihh, bisa dicoba tips nya, ini diaa :
  1. Mengutamakan hidup, seperti yang telah dijelaskan diatas. Melamun seperlunya saja, untuk menata apa yg akan kita lakukan selanjutnya direalisasikan ke kehidupan yang nyata.
  2. Rileks, luangkan waktu ketika hal-hal yang dipikirkan begitu banyak. Buatlah pikiran agar dapat memecahkan satu per satu persoalan yang mengganggu.
  3. Tidur yang cukup, setidaknya tidur dapat membantu pikiran menjadi tenang dan lebih rileks. Tetaplah hidup pada dunia yang kita jalani sekarng, sesekali boleh untuk intropeksi diri kita, tetapi jangan jadikan intropeksi sebagai angan belaka. Psikis juga termasuk kesehatan dalam raga kita. So, Keep Health…

Title Post: Kebiasaan Melamun Itu Berbahaya atau Memberikan Manfaat ?
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung di blog Dimas Denila, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts:

0 Response to "Kebiasaan Melamun Itu Berbahaya atau Memberikan Manfaat ?"

Posting Komentar