10 Manfaat Tidur yang Cukup, Tidak Kekurangan dan Tidak Berlebihan


Tidur adalah kegiatan yang pasti dilakukan oleh setiap makhluk hidup, termasuk manusia. Bahkan tidur adalah kegiatan favorit di saat waktu weekend atau waktu luang. Tetapi ada sebagian orang yang megalami sulit untuk tidur atau yang biasa disebut insomnia, dan ada juga orang yang mengalami kelebihan tidur. Jika seseorang mengalami kurang tidur atau kelebihan tidur, akan memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan tubuh bahkan ada yang dapat menyebabkan kematian.

Tidur yang cukup bagi orang dewasa dilakukan selama 6 – 8 jam sehari untuk memberikan waktu bagi otot dan fikiran untuk beristirahat. Sementara itu, hormon-hormon tertentu bisa bekerja hanya ketika kita tidur pulas pada malam hari, termasuk hormon pertumbuhan atau HGH.

Orang yang mengalami sulit tidur pada malam hari dan merasa lelah pada saat melakukan rutinitasnya di siang hari disebut insomnia. Salah satu penyebab insomnia adalah stres dan gangguan psikoligis. Banyak kondisi medis juga dapat menyebabkan kurang tidur seperti arthritis, hipertensi, asma dan sebagainya. Penggunaan obat-obatan tertentu dan konsumsi kafein berlebihan atau stimulant lainnya, makan larut malam dan kerja lebur juga dapat menyebabkan insomnia.

Hipersomnia, lawan dari insomnia, adalah salah satu kelainan medis yang menyebabkan seseorang merasa mudah lelah dan mengantuk sepanjang hari meskipun dia sudah menghabiskan waktunya untuk beristirahat atau tidur. Keinginan untuk tidur dapat menyebabkan beberapa masalah misalnya merasa cemas berlebihan, daya tahan tubuh yang lemah, dan menurunnya daya ingat.


Tidur tidak bisa digantikan dalam satu waktu, misalnya kita akan tertidur selama seharian penuh karena sebelumnya mengalami kondisi tidak tidur. Untuk menghindari dari masalah tidur tentunya kita harus menjaga pola tidur kita dan mulai membuat jadwal tidur selama 6-8 jam setiap hari.

Tidur yang cukup dapat memberikan manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh kita, antara lain :
  1. Meningkatkan memori, jika kita sedang mempelajari sesuatu, maka hasilnya akan terlihat lebih baik setelah kita tidur. Proses ini disebut konsolidasi, yang mana selama tidur kita akan memperkuat ingatan dan mempraktekan ketrampilan yang dipelajari saat terjaga.
  2. Hidup lebih lama, dalam sebuah penelitian dilakukan terhadap wanita usia 50-79 tahun, kematian lebih banyak terjadi pada wanita yang tidurnya kurang dari lima jam setiap malam.
  3. Mencerahkan kulit, karena menjadikan pembuluh darah menjadi rileks dan dapat melancarkan aliran darah sehinga kulit menjadi terjaga dan tampak lebih cerah.
  4. Kualitas hidup lebih baik, dengan kita tidur cukup, maka kita akan siap untuk memulai aktivitas dan energy kita pun sudah terisi dengan semangat yang baru.
  5. Menjaga elastistas kulit, karena tidur mampu merangsang hormone yang bertugas untuk memproduksi kolagen.
  6. Mencegah peradangan. Peradangan adalah kondisi yang sangat terkait dengan penyakit jantung, stroke, diabetes, arthritis, dan penuan dini.
  7. Memacu kreatifitas, selama tidur memperkuat komponen emosional memori yang bisa membantu memacu proses kreatif (menurut penelitian di Hardvard University dan Boston College).
  8. Menghilangkan stress, dengan tidur sesorang akan lebih mudah merasa rileks.
  9. Membantu penyerapan produk kosmetik, selama tidur akan lebih mudah membantu penyerapan produk-produk kosmetik.
  10. Menjaga reproduksi sel, tidur yang cukup secara rutin dapat merangsang pembentukan sel-sel kuilt baru yang berfungsi memperbaharui sel kulit mati.

Rutinitas yang tidak sedikit, yang kita lakukan setiap hari tentunya memerlukan energi yang banyak. Energi itu salah satunya didapat dari tidur yang cukup. Seperti halnya handphone yang perlu diberi daya batrai, tubuh pun perlu baterai yang cukup untuk menjalani rutinitas. Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah tidurlah yang cukup, tidak kurang dan tidak berlebihan.

Title Post: 10 Manfaat Tidur yang Cukup, Tidak Kekurangan dan Tidak Berlebihan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung di blog Dimas Denila, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts:

0 Response to "10 Manfaat Tidur yang Cukup, Tidak Kekurangan dan Tidak Berlebihan"

Posting Komentar