Cara Mengatasi Nyeri Pada Perut Saat Haid Setiap Datang Bulan Secara Alami


Haid atau menstruasi merupakan hal wajar bagi setiap wanita, karena haid datang setiap bulannya sesuai siklus menstruasi setiap wanita. Namun sebagian wanita mengalaminyeri pada saat haid, dan ini merupakan hal yang wajar selama nyeri haid tidak mengganggu aktivitas. Nyeri saat haid (Dismenore) muncul disebabkan oleh dinding rahim yang berkontraksi sehingga pembuluh darah terjepit dan menyebabkan timbulnya iskemi jaringan. Kontraksi inilah penyebab nyeri saat haid. Nyeri haid ini bisa terjadi pada saat sebelum haid, saat haid, atau setelah haid.

Nyeri saat haid pada wanita dirasakan pada perut bagian bawah dan juga punggung bagian bawah, kadang juga bisa menjalar ke bagian tungkai. Pada kasus nyeri haid yang berat bisa menyebabkan pingsan karena tidak kuat, mual serta muntah.

Untuk mengatasi  nyeri saat haid dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan untuk mengurangi nyeri haid yang dijual dipasaran dengan berbagai merek, namun bagi wanita yang tidak begitu suka dengan mengkonsumsi obat-obatan karena tidak mau terkena dampak efek samping, maka dapat mengatasi nyeri haid tanpa obat dengan menggunakan ramuan herbal mengatasi nyeri haid atau jamu pelancar haid.



      1. Kunyit Asem
Tips tradisional mengatasi nyeri haid salah satunya dengan menggunakan jamu kunyit asem. Jamu tradisional kunyit asam ini dipercaya memiliki banyak khasiat, selain dapat menyegarkan tubuh juga dapat membantu meredakan nyeri saat menstruasi. Kunyit asem pun mudah didapat pada penjual jamu tradisional. Jika ingin membuatnya sendiri hanya memerlukan kunyit, asem, dan gula jawa. Kunyit tersebut diambil sarinya dengan cara diparut dan diperas, kemudian rebus dengan asem dan gula jawa hingga mendidih. Kunyit asem dapat disajikan selagi hangat ataupun suhu normal.

      2. Kompres hangat
Kompres hangat juga bisa mengurangi nyeri haid. Cara yang dapat dilakukan dengan mengompres menggunakan handuk yang sudah dicelupkan ke air hangat kemudian diperas hingga airnya tidak menetes dan kompres pada bagian bawah perut yang nyeri. Kompres ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah dan membuat otot-otot sekitar perut lebih rileks sehingga rasa nyeri haid dapat berkurang.

     3. Pilih dan pilah makanan
Saat haid wajib sekali memperhatikan makanan yang masuk pada tubuh kita. Pilihlah makanan yang mengadung vitamin E, B1, B6, minyak ikan, magnesium dan zinc yang dapat mengatasi nyeri saat haid, seperti: bayam, bit merah, kubis, brokoli, seledri dan lainnya. Hindari minuman yang mengandung kafein, alkohol, gula, soda dan es.

Itulah tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi kurangi nyeri haid. Selain itu yang harus dilakukan bagi setiap wanita yang mengalami keluhan nyeri pada saat haid, yaitu :

    1. Istirahat yang cukup dengan tidur selama 6-8 jam sehari dan meluangkan waktu uuntuk tidur siang selama 1 jam.
    2. Hindari pakaian ketat, agar tidak mengganggu saat kita bergerak sehingga lebih bebas dalam bergerak.
    3. Berolahraga ringan, seperti berjalan kaki, bersepedah atau renang. Hindari melakukan olah raga yang berat karena nyeri tidak akan hilang atau bahkan dapat menambah rasa nyeri itu sendiri.

Nahh, itulah hal-hal yang dapat dilakukan bagi wanita yang mengalami nyeri saat haid untuk mengurangi rasa nyerinya. Apabila rasa nyeri itu tidak hilang disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter agar nyeri itu dapat diatasi dengan baik dan badanpun tetap sehat. Keep Health..

Title Post: Cara Mengatasi Nyeri Pada Perut Saat Haid Setiap Datang Bulan Secara Alami
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung di blog Dimas Denila, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts:

0 Response to "Cara Mengatasi Nyeri Pada Perut Saat Haid Setiap Datang Bulan Secara Alami"

Posting Komentar