Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak


Bagi anak-anak menjaga kesehatan mulut dan giginya sendiri, tentu sangat sulit tanpa bantuan dari orangtua. Nah di sinilah, peran orangtua untuk membantu menjaga kebersihan mulut dan gigi anak-anaknya. Kesehatan gigi dan mulut tidak hanya penting bagi anak-anak tetapi untuk orang dewasa juga.

Gigi merupakan salah satu bagian yang penting bagi tubuh kita, karena gigi berperang penting dalam kehidupan sehari-hari, contohnya saat makan, pasti kita menggunakan gigi untuk mengunyah. Makan adalah kegiatan wajib yang kita lakukan setiap hari kerena untuk mengisi energi. Apalagi anak-anak, yang suka sekali dengan makanan yang manis-manis.

Mengabaikan kesehatan gigi dan mulut akan menjadikan sarang kuman dan penyakit akibat sisa-sisa makanan yang mengakibatkan kerusakan gigi. Kerusakan gigi diawali dengan terjadinya karies yang berasal dari sisa makanan karena dibiarkan kelamaan dan terjadi pembusukan oleh kuman (Lactobacillus acidophilus) di mulut  yang mana sisa makanan tersebut menjadi asam. Selain karena kuman, terdapat juga bakteri Streptococcus mutans yang dapat menyebabkan infeksi pada jaringan gusi.

Sebaiknya perawatan gigi dan mulut dilakukan sejak dini, agar menjadi kebiasaan pada anak ketika beranjak dewasa. Perawatan gigi pada bayi dapat dilakukan saat gigi susu pertama kali tumbuh, yaitu pada usia bayi sekitar 18 bulan.


Gigi dan mulut adalah panca indra vital yang perawatannya harus diutamakan sebelum menjadi sarang penyakit. Oleh sebab itu, menjaga kebersihan gigi dan mulut sangat penting, terutama pada anak-anak. Berikut cara-cara yang dapatdilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak, yaitu :

1. Kurangi makanan yang manis-manis
Makanan manis-manis, seperti permen, coklat, es krim dan lain-lain, dapat mempercepat pembususkan gigi. Oleh karena itu, peran orang tua penting dalam memilih dan memilah makanan untuk anak. Kurangi jumlah makanan manis-manis dan perbanyaklah makan sayur dan buah. Selain untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut juga bisa menambah asupan gizi pada anak.

2. Sikat gigi setiap hari.
Menyikat gigi setiap hari minimal 2 kali sehari, dan menyikat gigi setelah makan itu penting, karena setengah jam pertama setelah makan kondisi gigi sangat rentan.  Menyikat gigi dilakukan sekita 2-3 menit, dan sikat dengan cara yang lembut serta searah dengan gigi. Bagian belakang gigi dan lidah pun disikat karena lidah banyak mengandung bakteri yang dapat tumbuh di sana. Bagi orang tua wajib untuk mengawasi dan mengajarkan anaknya cara menyikat gigi yang benar dan tepat. Carilah cara yang menyenayangkan agar anak tidak lupa dan bosan untuk menggosok giginya.

3. Pasta gigi yang mengandung fluoride.
Dalam memilih pasta gigi sebaiknya mengandung fluoride karena dapat membantu mencegah gigi berlubang dan mencegah plak pada gigi yang menyebabkan warna gigi kuning. Untuk anak-anak gunakan pasta gigi ini seukuran biji jagung.

Penggunaan mouthwash sebaiknya dihindari untuk anak-anak, bagi orang dewasa sebaiknya memilih mouthwash yang tidak mengandung alkohol. Itulah yang dapat dilakukan agar kesehatan gigi dan mulut pada anak tetap terjaga. Selain itu, rutin memeriksakan gigi anak secara rutin setiap 6 bulan atau sesuai ajuran dokter.

Perawatan gigi dan mulut sangat penting.kita selalu menggunakan bagian tubuh ini. Apabila gigi sakit, tentu akan mengganggu aktifitas kita dan anak. So, jangan lupa untuk sikat gigi dan buatlah mulut selalu segar. Keep Health..

Title Post: Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung di blog Dimas Denila, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts:

1 Response to "Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak"