Penyebab dan Cara Mengobati Sariawan yang Sering Terjadi dengan Cepat dan Alami


Siapa yang tidak pernah merasakan sariawan?? Pasti Anda semua sudah pernah ya sobat... Saat sariawan yang kita rasakan hanya perih dimulut, makanan yang kita makan pun terasa hambar dan tidak enak karena perihnya mulut ini yang disebabkan oleh sariawan. Apalagi ketika kita mengkonsumsi makanan pedas atau asam maka akan terasa perih sekali. OK, mari kita pelajari Penyebab dan Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami

Sariawan (stomatitis aphtosa) adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung, penyakit ini bisa terjadi pada segala usia dari anak-anak, pria, wanita, atau bahkan wanita yang sedang hamil.  Munculnya Seriawan ini disertai rasa sakit yang tinggi.

Kebanyakan orang mengira penyebab sariawan hanya karena kekurangan vitamin C. Selain itu ada beberapa penyebab sariawan, antara lain :

1. Luka tergigit, saat makan kita sering tidak sengaja menggigit lidah atau mulut kita sendiri, apabila gigitan itu terjadi luka akan dapat menyebabkan sariawan.

2. Mengonsumsi makanan atau minuman panas.

3. Alergi, adanya reaksi atau respon terhadap alergen yang tidak cocok, seperti bahan yang terdapat pada pasta gigi dan makanan yang tidak cocok menyebabkan alergi.

4. Kekurangan vitamin C dan zat besi

5. Kelainan pencernaan

6. Kebersihan mulut tidak terjaga

7. Faktor psikologi, seperti stress.

8. Kondisi tubuh yang tidak fit.

9. Obat kumur dan pasta gigi yang mengandung SLS (Sodium Lauryl Sulfate), yang mana merupakan zat penghasil busa pada beberapa produk obat kumur dan pasta gigi,  dengan adanya kandungan itu maka akan membuat gusi serta rongga mulut terasa kering dan sangat rentan iritasi yang merupakan penyebab awal dari sariawan.

10. Merokok, bayak sekali zat pada rokok yang sangat merugikan tubuh dan memberikan potensi yang besar munculnya sariawan pada mulut. 

baca juga : HUBUNGAN ANTARA ROKOK DAN JANTUNG KORONER



Selain kekurangan vitamin C, banyak sekali penyebab sariawan pada mulut. Cara mengatasi sariawan yang sering terjadi dengan cepat dan alami, antara lain :

1. Kunyit
Kunyit memiliki kandungan antiseptic yang dapat membasmi bakteri penyebab sariawan. Caranya dapat deilakukan dengan mengoleskan pasta yang terbuat dari kunyit pada luka sariawan

2. Air garam
Garam merupakan bahan yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut, termasuk menyembuhkan sariawan. Caranya dengan membuat larutan garam kemudian kumur-kumur dengan air garam tersebut. Efek samping nya dapat menyebabkan mulut terasa sangat perih ketika berkumur-kumur.

3. Bawang Putih
Sama seperti kunyit, bawang putih juga memiliki kandungan antiseptik yang dapat menghilangkan bakteri penyebab sariawan. Caranya dengan mengoleskan irisan bawang putih pada tempat sariawan, diamkan selama 1 menit kemudian bilas dengan air.

4. Minyak Kelapa
Minyak kelapa yang terbuat dari kelapa asli dapat mengobati sariawan secara cepat. Caranya hanya dengan mengoleskan minyak kelapa pada bagaian yang mengalami sariawan.

5. Daun Jambu
Daun jambu yang dapat mengobati sariawan adalah daun jambu biji, dengan menumbuk daun jambu biji tersebut dan oleskan pada bagian yang mengalami sariawan, maka sariawan dapat teratasi.

6. Yogurt
Yogurt sangat baik untu menyeimbangkan bakteri dalam tubuh. Penyebab perandangan dapat diatasi jika bakteri berkurang. Hanya dengan mengkonsumsi yogurt dapat melancarkan pencernaan dan mengobati sariawan.

7. Buah-buahan
Mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C dapat mengobati sariawan dengan cepat dan alami. Banyak sekali buah yang mengandung vitamin C antara lain : jeruk, jambu biji, kiwi dan sebagainya.

Dari penjelasan di atas, kita jadi tahu bahwa penyebab sariawan tidak hanya kekurangan vitamin C, tetapi ada juga karena stress dan kurang menjaga kebersihan mulut. Dari penjelasan di atas juga, kita mengetahui cara mengobati sariawan dengan cepat dan alami.

Apabila sariawan yang kita rasakan tidak sembuh juga dalam waktu dua minggu atau sampai satu bulan lamanya, segaralah periksa ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat, karena jika mengalami sariawan di tempat yang sama dalam waktu yang lama dapat didiagnosis gejala kanker mulut. So, tetap jaga kebersihan mulut dan tubuh agar selalu fit dan terhindar dari berbagai penyakit. Keep Health..

Title Post: Penyebab dan Cara Mengobati Sariawan yang Sering Terjadi dengan Cepat dan Alami
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung di blog Dimas Denila, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts:

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengobati Sariawan yang Sering Terjadi dengan Cepat dan Alami"

Posting Komentar