Penyebab Batuk Kering pada Anak dan Cara Mengatasinya Secara Alami


Batuk kering adalah batuk tanpa disertai dahak atau sekresi dari saluran pernapasan. Batuk kering dapat menyebabkan iritasi dan luka pada tenggorokan sehingga terasa sakit. Batuk kering bisa lebih parah pada anak-anak dibanding orang dewasa. Gejala batuk kering pada anak-anak dapat dilihat dari perubahan prilaku, yang merasa keselutian untuk menelan makanan atau minuman karena terjadi iritasi pada laring dan amandel. Dan gejala yang paling bisa dilihat yaitu batuk itu sendiri, sebagai orangtua harus memperhatikan perubahan pada anak dan mencari tahu kondisi serta sebabnya.

Batuk kering dapat disebabkan oleh hal-hal berikut ini :
  1. Adanya infeksi virus, apabila orang telah sembuh dari flu biasanya gejala terakhir yaitu batuk kering. Hal ini akan semakin berat diarasakan ketika malam hari atau mau tidur karena tenggorokan akan terasa gatal.
  2. Bronchospasme (penyempitan saluran pernapasan pada bronkus). Baruk kering yang disebabkan  oleh bronchospasme, sering terjadi pada malam hari yang diakibatkan iritasi pada bronkus yang menyebabkan batuk kering.
  3. Alergi debu atau alergi dingin. Batuk kering karena alergi biasanya disertai oleh bersin-bersin. Selain debu, asap rokok juga dapat menyebabkan batuk kering.
  4. Asma. Penyebab timbulnya batuk kering juga bisa jadi karena asma. Kondisi ini kerap membuat frustasi penderitanya karena obat yang diminumnya sering tidak manjur.
  5. Efek obat-obatan. Penggunaan obat-obatan memberikan efek pada penurunan sistem tubuh sehingga tubuh menjadi kebal terhadap antibiotik. Penyebab batuk kering salah satunya antibiotika.
  6. Asam lambung naik. Ketika kandungan asam lambung naik menuju ke tenggorokan dan bahkan paru-paru, pada akhirnya bisa memicu timbulnya batuk kering.
  7. Kanker paru-paru. Batuk kering juga merupakan gejala kanker paru-paru. Biasanya menyerang para perokok.


Batuk kering bukanlah penyakit yang sepele, harus ditangani dengan segara karena kalau tidak akan menyebabkan penyakit yang serius, apalagi jika batuk kering ini terjadi pada anak. Berikut cara mengatasi batuk kering pada anaksecara alami, yang bisa juga dilakukan pada orang dewasa, yaitu :
  1. Kencur. Kandungan zat-zat yang ada di kencur mampu perbaiki sistem imunitas tubuh sekaligus memberikan efek hangat pada tubuh.
  2. Jeruk nipis. Jeruk nipis juga dapat digunakan untuk meredakan batuk kering pada anak, caranya campurkan perasan jeruk nipis dengan madu ke dalam air hangat. Berikan sesuai dosis pada anak dan dilakukan setiap hari sampai batuknya hilang.
  3. Belimbing wuluh. Cara yang dapat dilakukan yaitu, membuat rebusan belimbing wuluh. Kemudian ramuan tesebut diminum.
  4. Kunyit. Campuran bubuk kunyit dengan madu juga dapat meredakan batuk kering. Berikan ramuan ini sesekali pada anak.
  5. Air putih. Minum air putih sekitar 8 gelas sehari, hal ini bisa mengurangi batuk kering yang terjadi pada anak.
baca juga : CARA MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK


Itu dia yang dapat dilakukan orang tua untuk mengatasi batuk kering pada anak secara alami. Jangan meremehkan batuk kering yang terjadi. Apabila batuk kering yang terjadi sudah berlangsung secara berminggu-minggu dan tidak kunjung sembuh sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter agar mendapat penanganan yang lebih dan tepat, karena bisa jadi batuk kering tersebut merupakan gejala penyakit kronis. Lakukan penanganan yang tepat terhadap segala macam penyakit, walau penyakit terlihat ringan tetapi lihatlah dampaknya yang disebabkan penyakit itu. Agar tubuh tetap sehat dan dapat melakukan rutinitas seperti biasa yang dilakukan. So,  Keep Health..

Title Post: Penyebab Batuk Kering pada Anak dan Cara Mengatasinya Secara Alami
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung di blog Dimas Denila, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts:

0 Response to "Penyebab Batuk Kering pada Anak dan Cara Mengatasinya Secara Alami"

Posting Komentar