Menjaga Kesehatan Kuku agar Tetap Sehat Secara Alami dan Mudah, Kecil Kukunya Besar Manfaatnya.


Kuku merupakan tulang yang tumbuh pada ujung jari, jari tangan maupun jari kaki dengan ukuran dan bentuk yang berbeda sesuai dengan bentuk tangan masing-masing. Kuku memiliki fungsi untuk melindungi ujung jari yang merupakan kumpulan syaraf yang penting bagi tubuh. Ketika kuku jarang dirawat maka akan menimbulkan macam-macam penyakit, dari penyakit ringan hingga yang berbahaya.

Perawatan kuku biasanya dilakukan dengan cara manicure dan pedicure yang telah disediakan di salon kecantikan. Umunya hanya kaum hawa / wanita saja yang banyak menggunakan perawatan manicure dan pedicure.  Tetapi, tak selalu manicure dan pedicure baik untuk kesehatan kuku, karena bahan-bahan yang digunakan untuk manicure dan pedicure tentu memiliki kandungan zat kimia. Apabila sering bersentuhan dengan bahan-bahan kimia tentunya tidak baik juga bagi kesehatan kuku ini. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk meminimalkan kegiatan manicure dan pedicure.


  1. Menggunting kuku dengan gunting kuku, dan hindari memotong kutikula kuku karena berfungsi sebagai penanaman alami kuku agar terhindar dari infeksi.
  2. Mencuci kuku. Sesekali rendam kuku dalam air hangat yang dicampur dengan perasan jeruk nipis, minyak zaitun, dan garam dalam baskom kemudian disikat sambil dipijat. Sedangkan untuk kuku kaki, rendam dengan menggunakan garam dan kelopak mawar kemudian disikat agar sel kulit mati dapat terangkat.
  3. Menghilangkan cat kuku. Cat kuku memang tidak akan membuat kuku mengidap penyakit, tetapi setidaknya memberikan ruang untuk kuku rileks.
  4. Rajin mencuci tangan. Mencuci tangan sehabis aktivitas tentunya akan membuat tangan kita terhindar dari bakteri dan kuman yang menempel pada tangan. Bersihkan tangan pada bagian punggung tangan, sela-sela jadi dan kuku tentunya. Hal yang sama dapat dilakukan juga pada kuku kaki, sehabis memakai sepatu atau kegiatan apapun tentu harus mencuci kaki.
  5. Hindari, selalu menggunakan kuku. Agar kuku tetap kuat atau tidak mudah patah, kita perlu menghindari penggunaan kuku untuk menggaruk, menggali, mencubit atau lainnya. Selain itu, tingkatkan jumlah kalsium dalam tubuh.
  6. Mencukupi kandungan air dalam tubuh, karena kandungan mineral dapat membuat kuku tidak cepat kering, kuat dan mengkilap.
  7. Melembabkan kuku. Agar kuku dan kutikula tetap lembab dapat menggunakan cairan pelembab kuku yang dapat ditemukan pada salon-salon kecantikan atau melalui dokter spesialis kulit. Selain itu, dapat menggunakan bahan alami seperti, bawang putih, lidah buaya, madu dan minyak zaitun, kulit semangka, belimbing wuluh dan getah papaya.
baca juga: MEMUTIHKAN KULIT WAJAH SECARA ALAMI DENGAN OATMEAL

Walaupun kuku hanya bagain kecil dari tubuh kita, ternyata dari kuku juga dapat menimbulkan penyakit. Karena kuku terletak pada ujung tangan dan kaki, yang mana kita selalu menggunakan tangan untuk beraktifitas dan menggunakan kaki untuk pergi kemana-mana. Tentu kuku juga berperan penting dalam mengikuti kegiatan-kegiatan kita yang dapat menyebabkan menempelnya kuman dan bakteri pada tubuh kita.

baca juga: 7 RAHASIA KULIT SEHAT, HALUS DAN CANTIK SEPERTI LAYAKNYA WANITA KOREA

Jangan remehkan sesuatu hal yang kecil, karena dari hal kecil itu dapat menimbulkan efek yang besar bisa jadi menguntungkan atau merugikan kita. So, rawat baik-baik kuku kita. Jaga selalu kebersihan kuku baik tangan ataupun kaki agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang kesehatan tubuh kita. Kecil kukunya, besar manfaatnya. Dan tubuh yang sehat memiliki jiwa yang kuat. Keep Health… 

Title Post: Menjaga Kesehatan Kuku agar Tetap Sehat Secara Alami dan Mudah, Kecil Kukunya Besar Manfaatnya.
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung di blog Dimas Denila, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts:

0 Response to "Menjaga Kesehatan Kuku agar Tetap Sehat Secara Alami dan Mudah, Kecil Kukunya Besar Manfaatnya."

Posting Komentar