Makanan Apa Saja yang Sehat untuk Bayi Umur 9 Bulan


Bayi sembilan bulan biasanya sudah bisa dikenalkan dengan jenis makanan yang lebih bervariasi asalkan sesuai dengan usia dan bergizi dengan demikian gigi susunya dapat terlatih untuk mengunyah. Pengenalan tekstur dilakukan bertahap, awalnya makanan padat dicampur dengan kuah agar, si baby lebih mudah mengunyah dan menelan. Jika gigi si baby sudah mulai tumbuh banyak, bisa diberikan makanan yang lebih kasar untuk dia kunyah.

Karbohidrat yang dibutuhkan bayi hanya 9 sendok makan saja, pemberian asi eksklusif merupakan sumber energi untuk pertumbuhan terbaik. Sayuran juga dapat diberikan kepada bayi, seperti wortel, brokoli, tomat, bayam dan kacang ijo. Sayuran yang dipilih harus mengandung vitamin A, vitamin C, protein, kalium, asam folat, natrium, fosfor, kalium dan serat.

Pada masa ini juga, si baby mulai bisa merasakan variasi makanan. Indra pengecapnya sedang berkembang untuk merasakan berbagai variasi rasa. Tetapi perlu diperhatikan, jangan seutuhnya si baby diberikan makanan si ibu, tetap beri makanan sama seperti makanan bulan-bulan sebelumnya yang dipadukan dengan makanan ibu.


Untuk lebih jelasnya makanan apa saja yang boleh diberikan untuk si baby yang baru berusia 9 bulan, antara lain :
1. Bukan makanan asin
Bayi pada usia ini aman jika mengkonsumsi garam kurang dari satu gram per hari. Hindari makanan seperti, keju, daging, dan sosis. Jangan menambahkan garam ke dalam makanan bayi.

2. Bukan makanan dan minuman manis
Makanan atau minuman manis tidak baik untuk bayi karena akan mengefek kepada gigi si baby yang dapat menyebabkan keropos. Pada usia 9 sampai 12 bulan jangan berikan pudding manis, es krim, biskuit, atau permen. Tambahkan hanya sedikit gula bila duperlukan.

3. Bukan makanan instan
Makanan yang diberikan oleh bayi sebagiknya makan makanan instan seperti, mie, bubur ayam instan, kaldu instan dan sebagainya. Karena kandungan dalam bahabahan instan tersebut belum cocok dengan si baby.

4. Hindari bumbu dapur.
Bumbu dapur yang bersifat merangsang, seperti lada dan bawang-bawangan, karena dapat meningkatkan asam lambung bayi.

5. Jangan berikan makanan mentah
Matangan yang mentah maksudnya makanan yang memang perlu dimasak, seperti telur. Jangan berikan telur mentah atau setengan matang ke baby. Segara berikan pada bayi setelah matang, apabila tidak bisa diberikan langsung dapat disimpan di dalam kulkas, setidaknya ttidak lebih dari 12 jam.  Untuk memanaskan makanan yang dingin, hanya perlu dikukus atau dipanaskan dengan wajan tanpa minyak. Hindari pemanasan sampai dua kali.

Pada usia 9 bulan bayi masih memerlukan ASI dan boleh diberikan susu formula, tetpi berikan susu formula hanya 500 – 600 ml per hari. Tetap perhatikan makanan si baby, bagaimana pun juga bayi belum bisa seutuhnya mengkonsumsi asupan yang sama seperti yang kita makan.

Saat masih bayi tentu dirinya belum bisa menjaga kesehatannya sendiri, perlu orang tua di sampingnya. Maka dari itu healty people yang sudah memiliki baby wajib menjaga kesehatan anaknya. Beri asupan yang sesuai dengan usianya, agar tumbuh kembang si baby lebih baik dan tumbuh menjadi anak yang cerdas penuh kreativitas. Keep health..



Title Post: Makanan Apa Saja yang Sehat untuk Bayi Umur 9 Bulan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung di blog Dimas Denila, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts:

0 Response to "Makanan Apa Saja yang Sehat untuk Bayi Umur 9 Bulan"

Posting Komentar