Cara Menjaga Kesehatan Mata pada Anak agar Selalu Sehat


Menjaga kesehatan mata adalah sesuatu hal yang penting karena mata adalah panca indra yang berguna untuk melihat. Dengan mata, kita bisa melihat indahnya dunia, oleh karena itu wajib hukumnya untuk menjaga kesehatan mata.

Menjaga kesehatan mata perlu dilakukan sejak dini, maka healthy people yang sudah jadi orang tua perlu menjaga kesahatan mata anak. Banyak anak-anak yang mengalami mata minus. Hal ini disebabkan oleh faktor keturunan atau cara menjaga kesehatan mata yang salah.

Untuk menjaga kesehatan mata perlu mendapat asupan vitamin A yang cukup agar mata tetap sehat. Vitamin A bisa didapat dari, tomat, wortel, atau sayuran dan buah lainnya. Selain mendapat asupan vitamin A, berikut cara menjaga kesehatan mata pada anak, antara lain :


1. Menjaga kebersihan mata
Beritahu pada anak bahwa kebersihan mata perlu dijaga, seperti mencuci tangan sebelum memegang mata atau mengucek mata. Apabila mata kemasukan benda asing, jangan langsung menguceknya, tetapi bisa diatasi dengan obat tetes mata, membilasnya dengan air atau meniupnya. Jangan sampai tangan yang tidak bersih memegang bagian mata.

2. Lakukan senam mata
Ajaklah anak untuk senam mata, selain tubuh yang bisa senam mata juga bisa senam. Lakukan senam mata dengan gerakan bola mata dari kiri ke kanan, atas ke bawah secara perlahan. Serta lakukan focus pandangan secara jauh dan dekat. Hal ini berfungsi untuk membuat mata lebih tajam dan bisa membuat mata yang lelah bisa segar kembali.

3. Kebiasaan membaca benar
Beritahu kepada anak untuk membaca dengan benar. Membaca sebaiknya pada posisi duduk yang relaks. Cahaya untuk membaca yang cukup, sebaiknya dari arah belakang atau samping, tidak dari depan. Jarak baca yang benar tidak kurang dari 30 cm dan tidak lebih 40 cm. Jangan melakukan membaca sambil tidur karena akan rentan untuk terserang dengan rabun dekat maupun rabun jauh. Serta saat membaca tidak dilakukan terus menerus, setidaknya setiap 60 menit istirahat untuk mnyegarkan mata.

4. Kebiasaan nonton TV dan Komputer.
Saat menonton TV atau memainkan computer jarak ideal yang disarankan tidak kurang dari 30 cm. Cahaya ruangan pun harus mencukupi dan tidak gelap. Serta jangan terlalu lama di depan layar TV maupun computer. Batasi waktu untuk menonton TV dan menatap layar Komputer.

Itulah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata pada anak. Jangan ajarkan budaya selalu melihat layar, baik layar TV, computer, tablet maupun smartphone. Pada zaman modern seperti ini gadget-gedget tersebut sangat berpengaruh pada kebiasaan anak yang selalu menatap layar untuk bermain game atau lainnya. Hal ini bisa berdampak buruk pada kesehatan mata. Sebagai orang tua setidaknya membatasi pemakaian gadget pada anak dan berikan contoh untuk tidak selalu menggunakan gadget dihadapan anak.


Kesehatan mata sangatlah penting, karena mata bagian dari panca indra kita yang sangat amat berguna. So, tetap jaga kesehatan mata kita dan tetap jaga kesehatan tubuh. Keep Fit.. Always 

Title Post: Cara Menjaga Kesehatan Mata pada Anak agar Selalu Sehat
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung di blog Dimas Denila, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts:

0 Response to "Cara Menjaga Kesehatan Mata pada Anak agar Selalu Sehat"

Posting Komentar